Minggu, 24 Mei 2009

yang harus diperhatikan dalam membuka usaha baru

seorang pewirausaha akan bangga apabila usaha yang didirikannya berhasil. namun untuk menjadikan usaha tersebut berhasil tidaklah mudah, banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh pewirausaha dalam menjalalani usahanya. tentunya tidak ada suatu usaha yang tidak mempunyai problem, tidak terkecuali ketika akan membuka usaha baru. banyak problem yang timbul ketika akan membuka usaha baru seperti permodalan, tenaga kerja, penyesuaian diri terhadap lingkungan, dan persaingan dengan perusahaan yang lebih senior. perusahaan yang lebih lama berdiri telah mempunyai kepercayaan dari masyarakat sehingga untuk perusahaan yang baru berdiri sulit untuk menyainginya. ada beberapa kiat usaha agar kita sukses untuk membuka usaha baru.
seoerang pewirausaha untuk membuka usaha baru yang harus diperhatikan pertama kali adalah permodalan. seorang pewirausaha dapat membuka usahanya dengan baik apabila dia mempunyai modal yang cukup. modal tersebut dapat berasal dari dirinya sendiri ataupun gabunagn dengan orang lain. modal yang baik adalah modal yang cukup untuk membuka usaha namun tidak berlebihan, maksudnya janganlah membuka usaha dengan modal yang besar namun kemungkinan untuk pengembalian modalnya sulit. ini sangat beresiko karena apabila gagal maka akan mengalami kerugian yang besar.
selain modal tenaga kerja pun harus diperhatikan. untuk membuka usaha baru tentunya mempunyai pesaing dan dituntut untuk mampu bersaing dengan perusahaan itu. maka apabila tenaga kerja kita tidak mempunyai kompetensi yang baik maka perusahaan kita akan sulit untuk bersaing, untuk itu harus diperhatikan dalam mencari tenaga kerja.
dalam membuka usaha baru kita harus memperhatikan keadaan lingkungan karena apabila tidak maka akan menjadikan masalah dikemudian hari. seorang pewira usaha sebelum membuka usaha baru harus memperhatikan lingkungan apakah dengan didirikanya sebuah usaha ditempat tersebut akan menimbulkan kontroversi dengan masyarakat atau tidak. bila menimbulkan maka akan sangat menghambat pertumbuhan dari perusahaan tersebut.
membuka usaha baru disuatu daerah tentunya mempunyai pesaing yang lebih senior, sehingga usha kita dituntut untuk mampu bersaing dengan perusahaan tersebut. perusahaan lama biasanya telah mendapatkan tempat tersendiri dimasyarakat setempat, selain itu perusahaan itu pun telah berpengalaman. untuk itu bila ingin membuka usaha baru ditempat tersebut gharus benar-benar kompeten, bila tidak maka hasil yang didapat tidaka akan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar