Minggu, 31 Mei 2009

sifat yang harus dimiliki seorang pewirausaha

sebuah usaha dapat berhasil apabila dipegang oleh orang yang benar-benar kompeten, bagaimanakah orang tersebut dapat menjalankan perusahaan hingga sukses dan berkompeten? tentunya dia mempunyai keahlian tertentu dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pewirausaha. seorang pewirausaha harus mempunyai sifat-sifat dan jiwa seorang pengusaha, diantaranya adalah kerja keras, berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan jeli dalam melihat peluang.
sebuah usaha tidak akan sukses apabila pewirausaha tersebut tidak bekerja keras, kerja keras adalah sifat yang harus dimiliki oleh pewirausaha. banyak perusahaan yang gagal karena pemimpin perusahaan tidak mempumyai sifat sebagai pekerja keras, seperti bermalas-malasan ketika sedang bekerja dan tidak serius ketika mengerjakan sesuatu. sifat kerja keras wajib dimiliki oleh pewirausaha karena itu menentukan sukses tidaknya sebuah perusahaan.
sifat lain yang harus dimiliki oleh pewirausaha adalah berani mengambil resiko. perusahaan tidak akan sukses apabila dipimpin oleh pimpinan yang tidak punya keberanian untuk mengambil resiko. namun unutk mengambil resiko harus diperhatikan apa yang akan didapat bila berhasil, apakah keuntungan yang didapat akan besar atau kecil, bila keuntungan yang didapat kecil maka percuma saja kita mengambil resko tersebut. dalam mengambil resiko janganlah mengambil resiko yang terlalu kecil dan jangan terlalu besar karena sangat berbahaya bagi perusahaan, ambilah resko yang moderat karena itu lebih menguntungkan.
pantang menyerah juga merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pewirausaha. sebuah perusahaan yang baru didirikan mempunyai potensi gagal yang besar, maka apabila gagal janganlah putus asa. kita harus mencoba lagi karena dengan kegagalan tersebut kita mendapat pengalaman yang berharga, ada pepatah mengatakan kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. untuk itu janganlah cepat merasa putus asa bila gagal.
sifat terpenting yang harus dimiliki seorang pewirausaha adalah kejelian melihat peluang. ujung tombak dari kesuksesan sebuah perusahaan adalah kejelian pemimpin perusahaan dalam melihat peluang dan ketepatan dalam mengambil keputusan. untuk bisa jeli dalam meliaht peluang kita harus mengikuti setiap perubahan yang terjadi dan bila kita mampu melihat peluang tersebut, kita harus tahu keputusan apa yang tepat untuk diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar